PETUNJUK PELAKSANAAN
Event Scouting and Technology part three (SCOUTECH Ke-3)
Tinggat Penggalang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/Sederajat Se-Jabodetabek
PANGKALAN MAN 1 KOTA BEKASI
A. KETENTUAN UMUM
1. Peserta Scoutech 3 adalah anggota pramuka penggalang aktif digugus depannya
2. Kegiatan akan dilaksanaan dalam satu hari dan terbagi antara tingkat Penggalang dan Penegak, peserta tidak diperkenankan untuk mengikuti dua mata lomba sekaligus.
3. Tiap pangkalan minimal mengirimkan 1 regu
4. Tiap Regu SD/MI dan SMP/MTs berjumlah 16 orang Pa/Pi dan SMA/Sederajat berjumlah 7 OrangPa/Pi
5. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 15 Oktober 2010 dan ditutup tanggal 21 November 2010
6. Apabila peserta telah memenuhi target, maka panitia akan menutup pendaftaran sebelum waktunya tiba (peserta terbatas)
7. Upacara pembukaan akan dilaksanakan Pukul 07:30 WIB
8. Peserta wajib hadir selambat-lambatnya Pukul 07:15 WIB, Lewat waktu tersebut akan dikurangi 100 point
B. PERSYARATAN PESERTA
1. Peserta adalah anggota Pramuka Penggalang aktif yang di utus oleh Ka. Mabigus atau Pembina tiap – tiap pangkalan yang ditandai dengan melampirkan SURAT MANDAT dari Ka. Mabigus.
2. Membayar Fee Pendaftaran sebesar Rp. 100.000 / Regu/Sangga
3. Peserta lomba adalah utusan tiap pangkalan yang berada diwilayah JABODETABEK
4. Selama Kegiatan berlangsung peserta diwajibkan mengenakan seragam Pramuka lengkap
C. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Hari / Tanggal : Minggu, 28 November 2010
Waktu : Pukul 07.00 WIB s/d Selesai
Tempat : MAN I Kota Bekasi
Jln. Markisa Raya II Taman Wisma Asri Teluk Pucung Bekasi Utara
TECHNICAL MEETING
Hari / Tanggal : Minggu, 7 November 2010
Waktu : Pukul 08:00 WIB s/d Pukul 10:00 WIB (SD/MI)
Pukul 10:00 WIB s.d Pukul 12:00 WIB (SMP/MTs)
Pukul 13:00 WIB s.d 15:00 WIB (SMA/Sederajat)
Tempat : MAN I kota Bekasi
D. HADIAH / THROPY
TINGKAT SD/MI
1. Juara Umum Piala Bergilir MENEGPORA Pangkalan Terbaik + Piagam + Uang Pembinaan + Medali untuk Instruktur
2. Juara Umum Piala Bergilir Bupati Bekasi Regu Terbaik Putra & Putri
3. Piala Tetap Juara Utama I, II, III LKBBT Putra – Putri
4. Piala Tetap Juara Utama I, II, III THE BEST KNOTING Putra – Putri
5. Piala Tetap Juara Utama I, II, III, THE BEST SECRET CODE Putra – Putri
6. Piala Tetap Juara Utama I, II, III, THE BEST TECHNOLOGY COMPUTER Putra – Putri
7. Piala Tetap Juara Utama I, II, III, THE BEST SCOUT INTELEGENT Putra – Putri
8. Medali Danton Terbaik Putra & Putri
9. Piagam Penghargaan untuk setiap peserta
TINGKAT SMP/MTs
1. Juara Umum Piala Bergilir MENEGPORA RI Pangkalan Terbaik + Piagam + Uang Pembinaan + Medali untuk Instruktur
2. Juara Umum Piala Bergilir Bupati Bekasi Regu Terbaik Putra & Putri
3. Piala Tetap Juara Utama I, II, III LKBBT Putra – Putri
4. Piala Tetap Juara Utama I, II, III ONE SHELTER HIKING RALLY Putra – Putri
5. Piala Tetap Juara Utama I, II, III, TWO SHELTER HIKING RALLY Putra – Putri
6. Piala Tetap Juara Utama I, II, III, THREE SHELTER HIKING RALLY Putra – Putri
7. Piala Tetap Juara Utama I, II, III, THE BEST SCOUT INTELEGENT Putra – Putri
8. Medali Danton Terbaik Putra & Putri
9. Piagam Penghargaan untuk setiap peserta
TINGKAT SMA/Sederajat
1. Juara Umum Piala Bergilir MENEGPORA RI untuk Pangkalan Terbaik + Piagam + Uang Pembinaan + Medali untuk Pembina Gudep
2. Piala Tetap Juara Utama I, II, III The Best Scout Intelegent Putra – Putri
3. Piala Tetap Juara Utama I, II, III, Shelter_1 Putra – Putri
4. Piala Tetap Juara Utama I, II, III, Shelter_2 Putra – Putri
5. Piala Tetap Juara Utama I, II, III, Shelter_3 Putra – Putri
6. Piala Tetap Juara Utama I, II, III, The Best Desain Grafis Putra – Putri
7. Medali Pemipin Sangga Terbaik Putra & Putri
8. Piagam Penghargaan untuk setiap peserta
CP : K’Fandy 021.9874 1234, K’Fajar 085718614013
Catatan : Ketentuan yang belum tercantum, akan ditetapkan pada saat Technical Meeting.
PETUNJUK TEKNIS
Event Scouting and Technology part three (SCOUTECH Ke-3)
Tingkat Penggalang SD/MI Se-Jabodetabek
PANGKALAN MAN 1 KOTA BEKASI
I. Lomba Keterampilan Baris Berbaris Tongkat (LKBBT) dan Yel
a. Peserta tiap regu berjumlah 10 orang sudah termasuk Danton
b. Peserta membentuk 3 Banjar dan 3 shaf
c. Peserta mengenakan seragam Pramuka lengkap, rapih dan kompak.
d. Waktu 10 Menit / tampil
e. Ukuran lapangan 9 m X 12 m
f. Penilaian 50 – 90 point / item gerakan
g. Pengurangan nilai :
ü Melewati batas waktu 50 Point / 10 Detik
ü Melewati garis pembatas 10 Point / Orang
ü Peserta kurang dari 10 orang 100 Point / Orang
ü Jika accessories terjatuh tanpa adanya unsur kesengajaan 10 Point / Item
h. Format Gerakan :
1. GERAKAN DITEMPAT
· Sikap sempurna
· Berhitung
· Penghormatan
· Hormat Kepada Bendera Merah Putih
· Istirahat Di Tempat
· Periksa Kerapihan
· Setengah Lencang Kanan
· Lencang Kanan
· Hadap Kanan
· Lencang Depan
· Hadap Kiri
· Hadap Serong Kanan
· Hadap Serong Kiri
· Balik Kanan
· Balik Kanan Jalan Di Tempat
2. GERAKAN BERPINDAH TEMPAT
· 2 langkah kanan
· 2 langkah kiri
· 2 langkah kedepan
· 2 langkah kebelakang
· Bubar Jalan
· Bersaf Kumpul
3. GERAKAN BERJALAN
· Hadap Kanan Langkah Tegap
· Balik Kanan Maju
· Balik Kanan Langkah Tegap
· Buka Tutup Barisan
· Tiap-tiap Banjar 2x Belok Kanan
· Hormat kanan
· Balik Kanan Henti
4. Variasi - Formasi
· Tingkat Kesulitan
· Kolone/Permainan tongkat
· Keindahan
· Kekompakan
5. YEL-YEL
· Suara
· Bentuk kreasi
· Semangat
· Kekompakan
6. DANTON TERBAIK
· Suara
· Intonasi
· Sikap
· Penguasaan Materi
· Penguasaan Pasukan
· Penguasaan Lapangan
II. THE BEST KNOTING
a. Peserta 1 orang
b. Peserta membuat 5 simpul
c. Waktu : 5 Menit
d. Penilaian : Ketepatan membuat simpul, 1 simpul bernilai = 20 Point,
Penilaian Tambahan : Kerapihan, Accessories
e. Peralatan : membawa sterofoam, sumpit, perekat
III. THE BEST SECRET CODE (“SMS”)
a. Peserta 3 orang
b. Membawa Papan Ujian dan Semaphore
c. Season 1 Peserta menjawab Soal sandi yang diberikan panitia
d. Season 2 Peserta menjawab Soal Morse Pluit yg dimainkan oleh panitia
e. Season 3 Peserta menjawab Soal Semaphore (diperagakan oleh peserta/1 orang peraga)
f. Waktu masing-masing season 5 menit
g. Penilaian perseason 10 kata, 1 kata bernilai 10 point (1 huruf salah, berarti 1 kata salah)
IV. THE BEST TECHNOLOGY COMPUTER
a. Peserta 1 orang
b. Peserta mengetik cepat sebuah naskah yang diberikan panitia
c. Masing-masing Peserta diwajibkan membawa Laptop sendiri
d. Penilaian : waktu tercepat
e. Waktu maximal : 15 Menit
V. THE BEST SCOUT INTELEGENT
a. Peserta 1 orang
b. Peserta menjawab soal essay yang diberikan panitia sebanyak 30 soal
c. Soal terdiri dari Pengetahuan Umum, Kepramukaan dan Teknologi Informasi & Komunikasi
d. Penilaian : ketepatan menjawab soal, 1 soal bernilai 10 point
e. Waktu : 15 Menit
PETUNJUK TEKNIS
Event Scouting and Technology part three (SCOUTECH Ke-3)
Tingkat Penggalang SMP/MTs Se-Jabodetabek
PANGKALAN MAN 1 KOTA BEKASI
I. Lomba Keterampilan Baris Berbaris Tongkat (LKBBT) dan Yel
a. Peserta tiap regu berjumlah 10 orang sudah termasuk Danton
b. Peserta membentuk 3 Banjar dan 3 shaf
c. Peserta mengenakan seragam Pramuka lengkap, rapih dan kompak.
d. Waktu 10 Menit / tampil
e. Ukuran lapangan 9 m X 12 m
f. Penilaian 50 – 90 point / item gerakan
g. Pengurangan nilai :
ü Melewati batas waktu 50 Point / 10 Detik
ü Melewati garis pembatas 10 Point / Orang
ü Peserta kurang dari 10 orang 100 Point / Orang
ü Jika accessories terjatuh tanpa adanya unsur kesengajaan 10 Point / Item
h. Format Gerakan :
1. GERAKAN DITEMPAT
· Sikap sempurna
· Berhitung
· Penghormatan
· Hormat Kepada Bendera Merah Putih
· Istirahat Di Tempat
· Periksa Kerapihan
· Setengah Lencang Kanan
· Lencang Kanan
· Hadap Kanan
· Lencang Depan
· Hadap Kiri
· Hadap Serong Kanan
· Hadap Serong Kiri
· Balik Kanan
· Balik Kanan Jalan Di Tempat
2. GERAKAN BERPINDAH TEMPAT
· 2 langkah kanan
· 2 langkah kiri
· 2 langkah kedepan
· 2 langkah kebelakang
· Bubar Jalan
· Bersaf Kumpul
3. GERAKAN BERJALAN
· Hadap Kanan Langkah Tegap
· Balik Kanan Maju
· Balik Kanan Langkah Tegap
· Buka Tutup Barisan
· Tiap-tiap Banjar 2x Belok Kanan
· Hormat kanan
· Balik Kanan Henti
4. Variasi - Formasi
· Tingkat Kesulitan
· Kolone/Permainan tongkat
· Keindahan
· Kekompakan
5. YEL-YEL
· Suara
· Bentuk kreasi
· Semangat
· Kekompakan
6. DANTON TERBAIK
· Suara
· Intonasi
· Sikap
· Penguasaan Materi
· Penguasaan Pasukan
· Penguasaan Lapangan
II. TECHNOLOGY COMPUTER
Peserta : 1 orang
Perlengkapan : Peserta wajib Membawa Laptop masing-masing
Waktu : 10 Menit
Teknis : Peserta Mendesain Tabel dan Perhitungan Excel serta Membuat Grafik kemudian
Selanjutnya Peserta Membuat desain PowerPoint dengan tema “Pramuka &
Teknologi”
Penilaian : Ms. Excel : Keindahan Tabel, Ketepatan Perhitungan dan Grafik (chart)
Ms. PowerPoint : Ketepatan Tema, Keindahan desain
III. HIKING RALLY
Peserta : 5 Orang
Pakaian : Seragam Pramuka Lengkap
Teknis : Peserta mengerjakan materi setiap Pos,
Pos I PU.PK.PTIK
Waktu 15 Menit
Banyak soal 30 buah
Penilaian : Ketepatan menjawab soal
Pos 2 PBT (Pasang Bongkar Tenda)
Peralatan Tenda, Tali, Patok dan Tongkat disiapkan Panitia
Penilaian : Arah mata angin, kekuatan, simpul/ikatan, kerapihan, Kecepatan waktu
Pos III
Peta Pita
Penilaian : Ketepatan waktu, Laporan, Jarak, Arah
Peralatan : Kertas HVS, Papan dada, Compas dan Alat Tulis
PETUNJUK TEKNIS
Event Scouting and Technology part three (SCOUTECH Ke-3)
Tingkat Penegak Se-Jabodetabek
PANGKALAN MAN 1 KOTA BEKASI
I. THE BEST SCOUT INTELEGENT
a. Peserta 1 orang
b. Season 1 : Peserta menjawab soal essay yang diberikan panitia sebanyak 30 soal
c. Season 2 : 4 Besar Peserta akan dipilih untuk masuk kebabak final melalui system LCT
d. Soal terdiri dari Pengetahuan Umum, Kepramukaan dan Teknologi
e. Penilaian : ketepatan menjawab soal, 1 soal bernilai 10 point
f. Waktu : 15 Menit
II. HIKING RALLY
Peserta : 5 Orang
Pakaian : Seragam Pramuka Lengkap
Teknis : Peserta mengerjakan materi setiap Shelter,
Shelter_1 : Wawasan Umum, Kepramukaan & Teknologi
Waktu 15 Menit
Banyak soal 30 buah
Penilaian : Ketepatan menjawab soal, 1 soal bernilai 10 Point
Shelter_ 2 : PBT (Pasang Bongkar Tenda)
Peralatan Tenda, Tali, Patok dan Tongkat disiapkan Panitia
Penilaian : Arah mata angin, kekuatan, simpul/ikatan, kerapihan, Kecepatan waktu
Waktu : 15 Menit
Shelter_3 : Peta Pita
Penilaian : Ketepatan waktu, Laporan, Jarak, Arah
Peralatan : Kertas HVS, Papan dada, Compas dan Alat Tulis
Waktu : 10 Menit
*Pinsa Memisahkan diri untuk Mengikuti Test Pinsa Terbaik.
Menjawab Soal Yang terdiri dari Wawasan Umum, Kepramukaan, Teknologi dan
Kepemimpinan.
III. THE BEST DESAIN GRAFIS
Peserta : 1 Orang
Perlengkapan : Peserta wajib Membawa Laptop masing-masing, aplikasi software yang digunakan
CorelDraw
Waktu : Mendesain 60 Menit (1 Jam), waktu Presentasi : 10 Menit
Teknis : Season 1 : Peserta membuat desain Logo untuk “SCOUTECH 4”
Season 2 : 5 Besar Peserta akan dipilih untuk mempresentasikan makna logo / hasil desain grafis yang telah dibuat.
Penilaian : Kreatifitas, Inovatif, Makna Logo, Keserasian, Performance
Tidak ada komentar:
Posting Komentar